Friday 12 October 2012

Dibanding Ngopi Bareng, Makan dengan Mantan Lebih Bikin Cemburu


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Kalau kekasih berhubungan kembali dengan mantan pacarnya, tentu muncul rasa cemburu. Bahkan, mereka bertemu sekilas saja kadang membuat kita panas hati. Namun, sebuah penelitian menyebutkan bahwa makan bareng mantan merupakan kegiatan yang paling bikin cemburu.

Seperti dilansir jurnal PLoS ONE (11/7/12), interaksi yang melibatkan makanan lebih bikin cemburu daripada tatap muka tanpa makanan. Dalam studi ini, yang dimaksud adalah makan bersama mantan pacar dibanding ngopi bareng. Hal ini berlaku pada pria maupun wanita.

Peneliti dari Cornell University, Amerika Serikat, melakukan survei kepada 79 mahasiswa. Mereka ditanyai tentang perasaan mereka jika sang pacar terlibat dalam beragam kegiatan dengan mantannya selama sejam. Aktivitas ini termasuk saling mengirim email, berbicara di telepon, ngopi bareng, atau bersantap pada waktu yang berbeda dalam sehari.

Selain kelompok ini, peneliti juga menanyai 74 mahasiswa lain tentang reaksi sahabat sesama jenis mereka jika mengalami hal ini. Hasilnya, kirim-kiriman email dianggap sebagai interaksi yang paling tak bikin cemburu. Secara berturut-turut, kegiatan yang lebih memancing kecemburuan adalah berbicara di telepon, ngopi bareng, dan makan bareng mantan.

Perbedaan waktu makan juga memengaruhi tingkat kecemburuan pasangan. Makan malam dianggap lebih bikin cemburu dibanding santap siang. Sementara itu, ngopi sore bareng mantan juga dinilai lebih memicu kecemburuan dibanding ngopi menjelang siang.

Menurut peneliti, efek makanan terhadap perilaku sosial hanya mendapat sedikit perhatian dibanding efek fisik seperti kegemukan. "Secara umum, temuan kami berkontribusi pada meningkatnya ketertarikan terhadap pengaruh makanan pada perilaku individu dan sosial," tulis peneliti Kevin Kniffin dan Brian Wansink, seperti dikutip dari Live Science.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

0 comments:

Post a Comment